Jumat, 11 September 2009

Delapan Organisasi Serikat Pekerja Dukung SBY-Boediono


Rabu, 24 Juni 2009

JAKARTA--Sebanyak delapan organisasi serikat pekerja dan buruh tingkat nasional yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Indonesia (ASPI) menyatakan dukungannya kepada pasangan SBY-Boediono. Pernyataan dukungan disampaikan Koordinator ASPI, Bambang Wirayoso, bersama Ketua Dewan Pembina ASPI, Soeripto, kepada Sekretaris Tim Sukses SBY-Boediono di Jakarta, Rabu (24/6).

Soeripto yang juga anggota Fraksi PKS mengatakan, dukungan ASPI terhadap SBY-Boediono bukanlah dukungan emosional yang tidak dilandasi dengan alasan-alasan logis. "Kami mendukung karena pasangan ini mempunyai komitmen terhadap para pekerja dan buruh di Indonesia," ujar Soeripto.

Dia melanjutkan, komitmen SBY-Boediono terhadap kaum pekerja dan buruh telah ditunjukkan melalui kebijakan-kebijakan pemerintah yang selama ini dijalankan. Mulai regulasi atau undang-undang tenaga kerja sampai pada bentuk perlindungan terhadap kaum buruh, sudah terlaksana dengan baik selama lima tahun terakhir.

"Kalau ada kekurangan, ya wajar. Kekurangan itulah yang akan kita perbaiki dalam kelanjutan pemerintahan SBY mendatang," imbuh Soeripto.

Bambang Wirayoso menambahkan, kecuali regulasi, SBY juga telah membentuk sebuah badan atau komisi nasional yang berfungsi mengawasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia. Selama memegang kendali pemerintahan, kata Bambang, SBY pun sudah menjadikan keberadaan PT Jamsostek menjadi lembaga yang memberikan kesejahteraan para pekerja maupun buruh dengan konsep Wali Amanah.

"Pemerintahan SBY juga terbukti telah menjamin sepenuhnya hak-hak pekerja untuk menjalankan hak kebebasan berserikat. Inilah mengapa kami mendukung SBY-Boediono," tandas Bambang. ade/rif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar